Konfigurasi DNS pada linux Debian 9.5


Konfigurasi DNS pada linux Debian 9.5

Hallo warganet selamat datang di bloger saya 
dan kali ini saya ingin membahas sedikit ilmu yaitu cara konfigurasi DNS linux 
debian

pengertian!!!

DNS (Domain Name System) merupakan sebuah system yang digunakan untuk merubah sebuah alamat IP menjadi domain begitupun sebaliknya untuk mempermudah manusia adalam mengingat suatu alamat web. Atau bisa juga di jelaskan seperti dibawah ini :
DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.

DNS adalah (Domain Name System) yang juga memiliki arti untuk mengidentifikasi setiap komputer sebagai titik dalam suatu jaringan Internet yang menggunakan bantuan sistem protokol internet adress untuk menerjemahkan dari suatu nama domain ke IP dan begitu juga sebaliknya. 

Domain Name System ini merupakan sistem penamaan hirarkis yang nantinya didistribusikan untuk suatu komputer, jasa, atau sumber daya terhubung ke Internet maupun jaringan pribadi.

DNS biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia. 

1. install bind9 

/home/user/# apt-get install bind9 lalu ketik y 


 2. masuk ke directori


 3. copy dengan perintah di bawah ini 

 4. konfigurasi ke db domain2nya 


 7.  selanjutnya ialah menkonfigurasikan nano named.conf.local.


 8. lalu kita ketik cp db.127 dengan db.ip.

 9.  lalu kita ubah menjadi nama kalian masing-masing,kalo saya rizka.com dan juga maulana.co.id

 10. lalu kita ke nano /etc/reolv.conf.

11. setelah itu kita ketik yang sudah saya garis merahi seperti ini.

12. lalu kita ketik /etc/init.d/bind9 restart untuk melanjuti langkah-langkahnya

13. setelah itu kita test ping keduanya dengan cara ping rizka.com dan juga maulana.co.id, jika muncul nya seperti ini maka success atau berhasil.


 14. setelah itu kita install dnsutils 

 15. lalu kita ke nslookup pada kedua nya.

 16. lalu kita dig keduanya 


Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk melihat informasi dari saya , sekian dulu dari saya kurang lebinya mohonmaaf dan sampai jumpa 

Konfigurasi DNS pada linux Debian 9.5 Konfigurasi DNS pada linux Debian 9.5 Reviewed by Rizka Maulana on August 09, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.