INSTALLASI DAN CONFIGGURASI WEB SEREVER DI DEBIAN 9 DAN WINBOX




Assalammualaikum Wr.Wb.
Apa kabar kawan kawan warganet kembali lagi dengan saya di blog ini tentunya ok kali ini saya akan memberikan tutorial tentang installasi dan configurasi WEB SERVER APACHE2 dengan debian dan mikrotik, ok sebelum kita mulai saya akan memberikan penjelasanya terlebih dahulu. 


  • PENGERTIAN


Pengertian Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Singkatnya

Web Server adalah software tempat atau layanan dimana pertukaran data terjadi antara Server Dan Client. Antara Web Server Dan Web Browser.
BERIKUT TOPOLOGINYA



Ok tanpa panjang lebar saya akan langsung memberikan tutorialnya sebagai berikut.

1.Untuk langkah pertama kita masukan Ip address-nya untuk addressnya kita masukan sebagai berikut dan pastikan yang kita masukan sebagai address adalah gateway dari servernya.



2. Dan selanjutnya kita masukan DHCP Client-nya kita untuk interfacesnya kita gunakan Ether 2 , lalu klik apply / OK


Jika sudah kalian masukan DHCP CLIENT sekrang kita cek apakah Ip-nya sudah dapat atau belum ,Nah sekarang saya sudah dapat Ip-nya 


3. Selanjutnya kita ke firewallnay paertama klik : Ip > firewall >Nat > Klik tanda (+)


4. Selanjutnya kalian isi pada bagian General seperti gambar dibwah ini untuk chainya kalian pilih " dstnat " , dan untuk Dst addressnya kalian masukan dhcp client yang sudah kalia buat tadi , Untuk protocol pilih saja tcp , dan untuk dst portnya kalian isi dengan 8080.

Port : 80, 8080
Digunakan untuk penyedia layanan
Protokolnya HTTP
Contoh Aplikasi : Apache, Glassfish, IIS

5. Lalu untuk actionnya Pilih dst-nat to address kita isi address dari servernya dan untuk portnya menggunakan port 80


6. Pastikan kalian sudah menginstall apache2 dengan perintah apt install apache2. dan pastikan ip servernya sudah sama dengan ip yang kita gunakan di firewall nya tadi.


7. Sebelum kita lanju ke langkah configurasinya kita lakukan test ping dulu apakan sudah terhubung atau belum.



8. Sebelum itu kita masuk ke CD /etc /apache2/  


9. Selanjunya kita masuk ke CD Sites-avalible/


10. Berikutnya kita masuk ke file 000-default.conf dan kita cek letak documentRootnya


11. Kita masuk ke cd documetRootnya , lalu kita LS


12. Kita masuk ke nano index.html, jika kalian ingin mengubahnya silakan kalian ubah dengan nama sesuka kalian,


13. Jika sudah kalia ubah selanjunya tinggal kalian restart dengan perintah /etc/init.d/apache2 restart


14. Mari kita cek apakah Web server nya sudah bisa atau belum denggan kalin search di google. masukan dengan perintah http://192.168.x.x:8080 maksud (x) adalah ip yang kalain gunakan


Ok sekian dulu ya kawan kawan tutorial dari saya semoga bermanfaat dan bila ada salah salah kata mohon maaf dan sekian Assalammualaikum Wr.Wb.
INSTALLASI DAN CONFIGGURASI WEB SEREVER DI DEBIAN 9 DAN WINBOX INSTALLASI DAN CONFIGGURASI WEB SEREVER DI DEBIAN 9  DAN WINBOX Reviewed by Rizka Maulana on October 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.