CARA CONFIGURASI HOSPOT PADA WINBOX

Assalammualaikum Wr.Wb 
Hallo warganet kali ini saya akan memeberikan tutorial bagaimana cara mengConfigurasikan Hospot pada Winbox

  • PENGERTIAN HOTSPOT
Hotspot adalah istilah yang diberikan untuk suatu area dimana user atau orang dapat mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya yang memiliki fitur berupa WiFi (Wireless Fidelity) sehingga bisa mengakses internet tanpa media kabel.

Hotspot adalah lokasi fisik dimana orang bisa mendapatkan akses Internet, biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider (ISP)).

Pengertian Hotspot yang lain, Hotspot adalah area dimana seorang client bisa terhubung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dari PC, Laptop, notebook ataupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus metertergantung dari kekuatan frekuensi atau signalnya.

  • Bahan-bahan
1. ViritualBox
2. Disini saya menggunakan mesin Viritual untuk mikrotik dan Clientnya 
3. Dan  untuk mikrotik saya gunakan 2 Adaptor yaitu : Adaptor 1, Adaptor Ter-bridge , Adaptor 2 , jaringan internal 
4. Adaptor untuk Client saya gunakan 1 adaptor saja yaitu : jaringan internal 

Berikut Langkah-langkahnya.

1. Langah pertama Buat Ip dhcp-client  terlebih dahulu: Klik IP > DHCP Client > Klik tanda plus ( + ) > arah kan ke adaptor yang terhubung ke internet > ceklis ( user peer DNS dan user per NTP ) > klik OK. 


2. Dan disini saya sudah berhasil membuat DHCP Client dan Ip-nya sudah dapat


3. Selanjutnya tahap penambahan Address : Klik IP > Address > Klik tanda plush ( + ) > lalu masukan Ip-nya semau kalian dan disini saya mengarahkan ke Adaptor 2


4. Disini saya sudah berhasil membuat Addressnya


5. Selanjutnya tahap konfigurasi Hotspot : Klik IP > Hotspot > Klik Servers > Hotspot Stup > Arahkan ke adaptor 2 yang tadi kita konfigurasikan


6. Tambahkan addressnya


7. Untuk Address pool masukan dari ip address start/ mulainya sapai finish, disini untuk startnya saya gunakan 10.10.10.2 - 10.10.10.254.


8. Untuk select  certificate : pilih non


9. Klik next


10. Untuk DNS server kalian bisa menggunakan 8.8.8.8.


11. masukan DNS namenya


12. Masukan name/user dan passwordnya


13. selanjunya kita coba Hotspot login pada client, masukan user dan password yang tadi sudah di buat


14. Dan saya sudah berhasil Login


15. Disini saya mencoba untuk mencoba tets ping ke address dan ping google.com


Asslammualaikum Wr.Wb.
Selamat mencoba : ) 
CARA CONFIGURASI HOSPOT PADA WINBOX CARA CONFIGURASI HOSPOT PADA WINBOX Reviewed by Rizka Maulana on November 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.